CHSGK6V2 : KHATAM BERSAMA


Khatam Bersama

CATATAN HARIAN SEORANG GURU KELAS 6 VOLUME 2
#CHSGK6V2
#cleverteacherforcleverstudents
#KhatamBersama

Al Quran Surat Al ‘Alaq ayat 1 yang artinya
“Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu Yang Menciptakan.”

Ayat ini memerintahkan membaca dengan nama Tuhan yang menciptakan. Artinya manusia diperintahkan membaca Al Quran dan memahami isinya. Perintah membaca menjadi landasan utama dalam mendapatkan ilmu pengetahuan.

*

Khatam berarti tamat. Kata ini pinjaman dari bahasa Arab. Khatam biasanya mengacu pada sudah habis mengaji Al Quran oleh seseorang anak-anak. Anak-anak seharusnya khatam Al Quran sebelum berumur 13 tahun, tetapi bukanlah wajib. Mereka belajar dari guru agama desa yang dahulunya disebut mu`allim.

Majelis Khatam Al Quran juga kadang-kadang diadakan dalam hubungannya dengan suatu perayaan, misalnya ulang tahun pemerintahan seorang Sultan atau menyambut Ramadan. Dalam acara ini, biasanya banyak orang (dewasa) akan bergiliran membaca Al Quran sampai selesai. (https://id.wikipedia.org/wiki/Khatam)

Referensi di atas adalah salah satu alasan kuat saya menekadkan diri untuk membersamai anak bertadarus setiap hari Jumat pagi. Sebelum tadarus dilaksanakan, saya dan anak murid melakukan salat Duha terlebih dahulu. Mengapa setiap Jumat? karena jadwal pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) memang di hari Jumat, ini sengaja saya rencanakan. Sengaja saya meletakkan PAI di hari Jumat, sebab saya ingin meraih berlimpah barokah bersama anak murid saya.

Alasan yang lain mengapa saya membulatkan niat untuk bertadarus bersama anak murid setiap hari Jumat adalah karena merasa kuantitas amalan ini sedikit. Saya kok, kurang bisa konsisten pengamalan hariannya ya? Bismillah, minimal seminggu sekali dari pada tidak sama sekali. Saya jadikan kesempatan tadarus bersama setiap hari Jumat sebagai agenda wajib yang tidak boleh dilewatkan kecuali ada agenda yang harus diutamakan.

Ini artinya meskipun saya sedang berhalangan karena saya perempuan, saya tetap mendampingi mereka. Bukankah pahala mendengarkan orang membaca Al Quran bisa disetarakan dengan orang yang membaca itu sendiri? Wallahua’lam Bissawab.

Ini juga berarti ketika anak murid ada halangan untuk minggu ini, saya mengagendakan untuk menambahkan jatah bacaan ke hari Jumat depan. Target saya adalah sebelum mereka ujian, mereka sudah khatam. Karena saat mereka khatam, akan ada syukuran bersama semua warga sekolah seperti yang sudah pernah terlaksana setahun ke belakang.

Khatam bersama mereka adalah cara saya dan anak murid mendekatkan diri kepada Tuhan (Allah Subahanahu Wata’ala).

**

Tugas utama saya adalah mengampu kelas 6. Rata-rata dari anak murid sudah berumur lebih dari sepuluh tahun, sudah memasuki usia baligh. Umur yang seharusnya sudah bisa melaksanakan ibadah salat lima waktu. Umur yang semestinya sudah lancar membaca Al Quran. Dari 17 anak murid di sekolahan, ada 9 anak yang sudah lancar dan 2 anak yang masih perlu bimbingan, sedangkan sisanya masih belum bisa membaca dengan lancar atau bahkan sama sekali belum mengenal.

Pertama kali mendapati fakta itu, hati rasanya trenyuh? Apakah yang kemudian bisa saya lakukan demi kebaikan mereka? Saya menyuruh yang belum bisa untuk belajar kemudian. TPQ ada, jangan malas mengaji ke sana. Itu kata-kata saya, dulu. Semoga saja mereka benar-benar memperhatikan.

Untuk yang belum melaksanakan salat waktu sepenuhnya, atau belum mengenal salat sama sekali. Mengajak mereka mengamalkan salat Duha adalah cara pertama saya mengenalkan mereka pada ibadah salat yang sesungguhnya. Semua salat, syarat syahnya sama. Yang menjadikan berbeda adalah niatnya, jumlah raka’atnya, rukun salatnya dan waktunya. Dengan mengamalkan salat Duha minimal mereka akan paham dan akan hafal bacaan dan niat salat nantinya. Sebagai tindak lanjutnya, saya mewajibkan mereka mempunyai buku tuntunan salat, yang bisa mereka dapatkan di toko terdekat jika mereka belum punya.

***

Khatam bersama anak murid bisa terlaksana jika 30 juz dalam Al Quran sudah dibaca. Setiap hari Jumat, saya membagi masing-masing anak yang bisa membaca dengan jatah minimal 10 ayat untuk dibaca. Saya mencatat semuanya, untuk memudahkan mengecek minggu depan akan membaca yang mana. Karena jika tidak dicatat, lebih sering saya lupa. Catatan ini akan terus bertambah seiring bertambahnya hari dan bacaan yang terlewati.

Inilah catatan tadarus Al Quran bersama anak murid tercinta:

1.      Jumat, 20 Juli 2018
·        Mulai: QS. Al Fatihah
·        Bersama: QS. Al Baqarah 1-20
·        Sendiri:
Ø  Basith: QS. Al Baqarah 21-30
Ø  Kiki: QS. Al Baqarah 31-40
Ø  Azka: QS. Al Baqarah 41-50
Ø  Bunga: QS. Al Baqarah 51-60
Ø  Sela: QS. Al Baqarah 61-70
Ø  Eca: QS. Al Baqarah 71-80
Ø  Ana: QS. Al Baqarah 81-90
Ø  Angel: QS. Al Baqarah 91-100
Ø  Serli: QS. Al Baqarah 101-110
Ø  Bu Betty: QS. Al Baqarah 111-141
·        Besok: Juz 2
·        Yang lain hafalan Juz ‘Amma

2.      Jumat, 27 Juli 2018
·        Mulai: QS. Al Fatihah
·        Bersama: QS. Al Baqarah 142-152
·        Nyimak: QS. Al Baqarah 153-163
·        Sendiri:
Ø  Basith: QS. Al Baqarah 164-174
Ø  Kiki: QS. Al Baqarah 175-185
Ø  Azka: QS. Al Baqarah 186-196
Ø  Bunga: QS. Al Baqarah 197-207
Ø  Sela: -
Ø  Eca: QS. Al Baqarah 208-218
Ø  Ana: QS. Al Baqarah 219-229
Ø  Angel: QS. Al Baqarah 230-240
Ø  Serli: QS. Al Baqarah 241-251
Ø  Huda: QS. Al Baqarah 252-262
Ø  David: QS. Al Baqarah 263-273
Ø  Bu Betty: QS. Al Baqarah 274-286
·        Besok: QS. Ali ‘Imron
·        Yang lain hafalan Juz ‘Amma

3.      Jumat, 3 Agustus 2018
·        Mulai: QS. Al Fatihah
·        Bersama: QS. Ali ‘Imron 1-20
·        Sendiri:
Ø  Basith: QS. Ali ‘Imron 21-30
Ø  Kiki: QS. Ali ‘Imron 31-40
Ø  Azka: QS. Ali ‘Imron 41-50
Ø  Bunga: QS. Ali ‘Imron 51-60
Ø  Sela: QS. Ali ‘Imron 61-70
Ø  Eca: QS. Ali ‘Imron 71-80
Ø  Ana: QS. Ali ‘Imron 81-90
Ø  Angel: QS. Ali ‘Imron 91-100
Ø  Serli: QS. Ali ‘Imron 101-110
Ø  Huda: QS. Ali ‘Imron 111-120
Ø  David: QS. Ali ‘Imron 121-130
Ø  Bu Betty:-
·        Besok: QS. Ali ‘Imron 131
·        Yang lain hafalan Juz ‘Amma

4.      Jumat, 10 Agutus 2018
·        Mulai: QS. Al Fatihah
·        Bersama: QS. Ali ‘Imron 131-140
·        Sendiri:
Ø  Basith: QS. Ali ‘Imron 141-150
Ø  Kiki: QS. Ali ‘Imron 151-160
Ø  Azka: QS. Ali ‘Imron 161-170
Ø  Bunga: QS. Ali ‘Imron 171-180
Ø  Sela: QS. Ali ‘Imron 181-190
Ø  Eca: QS. Ali ‘Imron 191-200
Ø  Wardana (Kelas 4): QS. Annisa 1-10
Ø  Shelva (Kelas 4): QS. Annisa 11-20
Ø  Luczhen (Kelas 4): QS. Annisa 21-30
Ø  Nandesta (Kelas 4): QS. Annisa 31-40
Ø  Ana: QS. Annisa 41-50
Ø  Angel: QS. Annisa 51-60
Ø  Serli: QS. Annisa 61-70
Ø  Huda: QS. Annisa 71-80
Ø  David: QS. Annisa 81-90
Ø  Bu Betty: Menyelesaikan QS. Annisa
·        Besok: QS. Al Maidah 1
·        Yang lain hafalan Juz ‘Amma

5.      Jumat, 17 Agutus 2018 (Libur: HUT RI)

6.      Jumat, 24 Agutus 2018
·        Mulai: QS. Al Fatihah
·        Bersama: QS. Al Maidah 1-20
·        Nyimak: QS. Al Maidah 21-40
·        Sendiri: QS. Al Maidah 41-60
Ø  Basith: QS. Al Maidah 61-80
Ø  Kiki: -
Ø  Azka: QS. Al Maidah 81-100
Ø  Bunga: QS. Al Maidah 101-120
Ø  Sela: QS. Al An’am 1-20
Ø  Eca: QS. Al An’am 21-40
Ø  Ana: QS. Al An’am 41-60
Ø  Angel: QS. Al An’am 61-80
Ø  Serli: QS. Al An’am 81-100
Ø  Huda: QS. Al An’am 101-120
Ø  David: QS. Al An’am 121-140
Ø  Bu Betty: QS. Al An’am 141-165
·        Besok: QS. Al A’raf
·        Yang lain hafalan Juz ‘Amma

7.      Jumat, 31 Agustus 2018
·        Mulai: QS. Al Fatihah
·        Bersama: QS. Al A’raf 1-20
·        Nyimak: QS. Al A’raf 21-40
·        Sendiri:
Ø  Basith: QS. Al A’raf 41-60
Ø  Kiki: QS. Al A’raf 61-80
Ø  Azka: QS. Al A’raf 81-100
Ø  Bunga: QS. Al A’raf 101-120
Ø  Sela: QS. Al A’raf 121-140
Ø  Eca: QS. Al A’raf 141-160
Ø  Ana: QS. Al A’raf 160-180
Ø  Angel: QS. Al A’raf 181-206
Ø  Serli: QS. Al Anfal 1-20
Ø  Huda: QS. Al Anfal 21-40
Ø  David: QS. Al Anfal 41-60
Ø  Bu Betty:-
·        Besok: QS. Al Anfal 61
·        Yang lain hafalan Juz ‘Amma

8.      Jumat, 7 September 2018
·        Mulai: QS. Al Fatihah
·        Bersama: QS. Al Anfal 61-75
·        Nyimak: QS. At Taubah 1-20
·        Sendiri:
Ø  Basith: QS. At Taubah 21-40
Ø  Kiki: QS. At Taubah 41-60
Ø  Azka: QS. At Taubah 61-80
Ø  Bunga: QS. At Taubah 81-100
Ø  Sela: QS. At Taubah 101-120
Ø  Eca: QS. At Taubah 121-129 + QS. Yunus 1-20
Ø  Ana: QS. Yunus 21-40
Ø  Angel: QS. Yunus 41-60
Ø  Serli: QS. Yunus 61-89
Ø  Huda: QS. Yunus 90-109
Ø  David: QS. Hud 1-20
Ø  Bu Betty: QS. Hud 21-123
·        Besok: QS. Yusuf
·        Yang lain hafalan Juz ‘Amma

9.      Jumat, 14 September 2018
·        Mulai: QS. Al Fatihah
·        Bersama: QS. Yusuf 1-10
·        Nyimak: QS. Yusuf 11-20
·        Sendiri:
Ø  Basith: QS. Yusuf 21-30
Ø  Kiki: QS. Yusuf 31-40
Ø  Azka: QS. Yusuf 41-50
Ø  Bunga: QS. Yusuf 51-60
Ø  Sela: QS. Yusuf 61-70
Ø  Eca: QS. Yusuf 71-80
Ø  Ana: QS. Yusuf 81-90
Ø  Angel: QS. Yusuf 91-100
Ø  Serli: QS. Yusuf 101-111
Ø  Huda: QS. Ar Ra’d 1-10
Ø  David: QS. Ar Ra’d 11-20
Ø  Bu Betty: QS. Ar Ra’d 21-43
·        Besok: QS. Ibrahim
·        Yang lain hafalan Juz ‘Amma

10.  Jumat, 21 September 2018 (Libur: PTS 1)

11.  Jumat, 28 September 2018 (Plan mulai dari QS Ibrahim)
·        Mulai: QS. Al Fatihah
·        Bersama: QS. Ibrahim 1-20
·        Nyimak: QS. Ibrahim 21-52
·        Sendiri:
Ø  Basith: QS. Al Hijr 1-20
Ø  Kiki: QS. Al Hijr 21-40
Ø  Azka: QS. Al Hijr 41-60
Ø  Bunga: QS. Al Hijr 61-80
Ø  Sela: QS. Al Hijr 81-99
Ø  Eca: QS. An Nahl 1-20
Ø  Ana: QS. An Nahl 21-40
Ø  Angel: QS. An Nahl 41-65
Ø  Serli: QS. An Nahl 66-86
Ø  Huda: QS. An Nahl 87-107
Ø  David: QS. An Nahl 108-128
Ø  Bu Betty: -
·        Besok: QS. Isra (111 ayat)
·        Yang lain hafalan Juz ‘Amma

****

Jika kau bertanya
apakah saya guru agama?
Jawabannya jelas bukan
saya hanya guru bi(a)sa
*****


#komunitasonedayonepost
#ODOP_6
#day27
#1555kata
#CleverClass
Clever Class, Cilacap, 27 September 2018: 11.22.
Ibu Jesi.

******

Betty Clever
Betty Clever Lifestyle Blogger

Posting Komentar untuk "CHSGK6V2 : KHATAM BERSAMA"