Persiapan POR PGRI Cabang Bantarsari

14.08

Tim Inti Voli PGRI Ranting Binangun Melakukan Latihan Rutin. Apa Saja yang Mereka Pelajari Selama Satu Bulan Belakangan?

Dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional tahun 2018 ini, PGRI Cabang Bantarsari mengadakan serangkaian kegiatan diantaranya POR PGRI. Kegiatan Pekan Olah Raga tersebut dilaksanakan di Ranting Kedungwadas yang dipusatkan di SDN Cikedondong 02 dan SMP Satu Atap Bantarsari. Waktu, 10 November 2018. Cabang lomba voli putera dan voli puteri.

Dalam rangka mempersiapkan kegiatan POR PGRI cabang, PGRI Ranting Binangun mewajibkan semua anggotanya untuk hadir latihan bersama pada hari Selasa dan Sabtu.

Latihan bersama yang sudah terlaksana sekitar satu bulan ini tujuannya adalah untuk mempelajari kembali teknik bermain voli secara benar dan harus menguasainya demi bisa mengalahkan juara bertahan.

Teknik bermain voli yang dipelajari ketika latihan rutin itu antara lain Block, Service, Smash atau Spike dan Passing, dimana semua teknik ini harus dikuasai oleh semua pemain bola voli. Yang nantinya akan ada yang lebih ditonjolkan sesuai posisi pemain, semisal sebagai toser kalian harus mahir dalam memberi umpan atau passing kepada pemain yang akan melakukan smash.

Teknik dasar service adalah pukulan yang dilakukan dari daerah garis belakang lapangan permainan hingga melambung keatas net dan mendarat di dalam daerah lawan. Teknik Service dilakukan saat awal permainan, saat terjadi penambahan point dan terjadi pelanggaran.

Teknik Service memiliki 4 macam yaitu Service Bawah, Service mengapung atau Floating overhand, Overhand round-house service, dan Jumping service.

Teknik dasar gerakan passing atau juga bisa disebut reception adalah teknik yang bertujuan untuk menerima,menahan dan mengendalikan bola service dari pemain lawan teknik passing di bagi menjadi dua macam yaitu passing atas dan passing bawah.

Teknik Blocking adalah satu satunya teknik yang pilih-pilih pemain. Karena teknik blocking hanya digunakan untuk menahan dan mencegah serangan dari lawan seperti smash.

Teknik smash atau spike adalah gerakan melompat dan memukul bola voli dengan derajat kemiringan terkecil dan kekuatan terbesar kearah daerah lawan.

Teknik-teknik itu dipelajari dalam kurun waktu kurang dari sebulan. Menurut sekretaris PGRI Ranting Binangun, latihan sudah dimulai sejak pertengahan bulan Oktober ini.  Latihan bersama yang sudah terlaksana sekitar satu bulan ini tujuannya adalah untuk mempelajari kembali teknik bermain voli secara benar. Namun, kekuatan tim mulai berkurang. Yang menjadi penyebabnya adalah beberapa orang anggota PGRI yang masuk dalam tim inti memasuki masa pensiun pada tahun ini.

Hal ini tidak menyurutkan semangat tim inti, karena sejauh ini masih bisa bertahan dalam formasi meski mau tidak mau harus merubah strategi.

Kapten tim yang ditemui hari Jumat ini mengatakan, "Kami tetap optimis bisa bertahan sampai babak final. Ada dua orang anggota tim, yang biasanya masuk tim voli cabang. Mereka adalah kunci utama kesuksesan tim. Ada juga beberapa anggota tim yang masih muda dan memiliki potensi yang luar biasa. Meski anggota tim voli puteri kami sedang mengalami defisit pemain karena beberapa anggota ada yang pensiun bersamaan tahun ini."

Hidup Guru!
Hidup PGRI!
Hidup PGRI Ranting Binangun!
Hidup Indonesia!

*

#OneDayOnePost
#November2018
#Day9

#CleverNews
Rumah Clever, Cilacap, 9 November 2018: 13.31.
Ibu Jesi.

**

Sumber referensi: https://www.google.co.id/amp/s/gurupenjaskes.com/teknik-dasar-bola-voli/amp

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

2 komentar

Write komentar
makopako
AUTHOR
10 November 2018 08.46 delete

Dan di sini HUT PGRI dirayakan dengan libur sekolah karena guru dan murid jalan sehat....enak yang libur :P

Reply
avatar